Selasa, 31 Maret 2020

HIKMAH DIBALIK MUSIBAH COVID 19


Bismillahirrahmanirrahim

   
       
















Fenomena wabah Corona Virus Desease-2019 (covid19) semakin lama semakin membuat khawatir. Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah dan mengatasi virus ini. Hal ini juga berdampak pada dunia pendidikan, pemerintah pusat hingga daerah memberikan kebijakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh di seluruh lembaga pendidikan. Pemerintah dan lembaga terkait ditungtut untuk dapat menghadirkan alternatif proses pembelajaran bagi peserta didik agar peserta didik tetap belajar di rumah, lembaga ditungtut untuk dapat menyiapkan sejumlah dukungan untuk mempelancar proses belajar tersebut. Guru-guru diharapkan dapat mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh.

Guru dan peserta didik MTs di Kecamatan Arjasari  merasakan betul dampak yang luar biasa dari wabah virus ini. Tapi ini tidak menjadikan halangan untuk guru dan peserta didik melakukan kegiatan belajar mengajar. Menurut laporan yang disampaikan oleh guru-guru yang mengikuti pembinaan online oleh pengawas pembina wilayah Kecamatan Arjasari melalui aplikasi zoom, ada berbagai cara dilakukan untuk terlaksananya proses pembelajaran, diantaranya adalah:
  • Membuat WAG siswa dan wali kelas, guru mata pelajaran menitipkan tugasnya kepada wali kelas untuk selanjutnya disampaikan kepada peserta didik.
  • Melakukan pembalajaran daring/online dengan menggunakan aplikasi, seperti aplikasi zoom, webex, google class room dan aplikasi lain yang kiranya memungkinkan dalam pembelajaran
  • Memanfaatkan media social seperti FB sebagai sarana menyampaikan materi pembelajaran.
  • Menggunakan aplikasi google form dan membagikan link kepada peserta didik untuk diakses dan dishare di web


Pandemi corona memang sebuah ujian yang berat bagi kita, menguji kemampuan kita semua untuk dapat mengambil hikmah dengan terus berupaya dan berikhtiar mencari solusi pada setiap masalah yang ada. Bekerja dari rumah dan belajar  dari rumah tidak lantas menghilangkan kreativitas, justru ini menambah semangat guru di Kecamatan Arjasari dalam berkreasi dan lebih produktif.

Begitupun saya sebagai pengawas pembina tidak menjadi halangan  untuk senantiasa keep in touch bersilaturahmi dan berbagi ilmu dengan guru-guru, serta memantau terus terlaksananya proses pembelajaran melalui online/daring. Salah satunya pada hari Selasa Tanggal 31 Maret 2020 kami melaksanakan kegiatan pembinaan online. Alhamdulilah kegiatan berjalan dengan lancar dan guru sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan ini, karena ini adalah kegiatan dan pengalaman pertama dan baru bagi kami.

Terimakasih guru-guru yang sudah  bekerja keras dari rumah untuk  menyelamatkan pendidikan  madrasah yang ada di Kecamatan Arjasari  khusunya.

Semangat terus, semoga Allah SWT memberikan kelancaran kepada kita dalam  melaksanakan tugas mulia ini, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan kepada kita semua. Aamiin yaa robbal alamiin.



 إِنَّ صَلاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ


  • Link zoom meeting
  • Link presensi
  • Link materi 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bersabarlah Selalu ada ujian yang akan menghantarkan kita menuju keberhasilan. apapun itu bentuknya sudah sebaiknya kita menerima dengan leg...