Menilai dan
mengevaluasi hasil proses pembelajaran merupakan tahapan penting dalam sebuah
siklus peningkatan mutu. Setelah selesai melaksanakan proses pembelajaran maka
penting bagi guru untuk melakukan evaluasi terhadap hasil pembelajaran. Selama
ini guru hanya melakukan penilaian dan evalusi terhadap hasil belajar siswa perlu juga bagi guru untuk
melakukan penilaian dan evaluasi terhadap pelaksanaan proses pembelajaran
dengan tujuan agar pelaksanaan pembelajaran bisa terus
meningkat kualitasnya secara berkelanjutan.
Kegiatan evaluasi yang dilakukan diantaranya mencakup:
1. Apakah perencanaan pembelajaran yang disusun telah sesuai dan
dapat mencapai tujuan pembelajaran?
2. Apakah materi yang disampaikan sudah sesuai dengan tujuan
pembelajaran?
3. Apakah media dan sumber yang digunakan sudah sesuai dan dapat
dimanfaatkan dengan maksimal?
4. Apakah metode yang digunakan sudah tepat?
5. Apakah dalam proses pembelajaran mendapatkan respon positif dari
peserta didik?
6. Apakah teknik evaluasi yang digunakan dapat mengukur
ketercapaian tujuan pembelajaran?
7. Apakah hasil evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai?
REFLEKSI
PROSES PEMBELAJARAN
Setelah
melakukan evaluasi perlu dilakukan program tindak lanjut untuk meningkatkan
pembelajaran yang bermutu. Program tindak lanjut yang dapat dilakukan guru
sebagai refleksi terhadap proses
pembelajaran diantaranya:
1.
Meningkatkan
kompetensi melalui berbagai kegiatan seperti seminar, diklat , dll
2.
Meningkatkan
kualitas pembelajaran dimuali dengan memperbaiki penyusunan RPP,
3.
meningkatkan
penguasaan materi,pemanfaatan media dan sumber belajar,
4.
penggunaan
metode yang lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar